Jumat, 01 Desember 2017

Perkembangan TPK (Terminal Peti Kemas) Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu



Pulau Baai, Bengkulu, 01 Desember 2017

TPK (Terminal Peti Kemas) atau yang sering dikenal dengan sebutan Container di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu pertama kali dibuka pada tahun 2012.

Pada awalnya, pelabuhan hanya memiliki alat bongkar muat yaitu satu Reach Stacker dan empat unit Trailer (head truck) yang disewa. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan container/peti kemas di Bengkulu semakin meningkat dan telah banyak masyarakat Bengkulu yang menggunakan jasa pengiriman barang melalui container. Selain aman untuk digunakan, biaya pengirima melalui container ini juga lebih hemat. 




Karena meningkatnya penggunaan jasa container ini, maka pelabuhan Pulau Baai juga meningkatkan dan memperbaiki pelayanan jasa nya di bidang bongkar muat container, dengan tujuan untuk mempercepat dan memperlancar kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

“Saat ini, pelabuhan begitu antusias dan fokus dalam mengembangkan dan meningkatkan pelayanan jasa di bagian bongkar muat ini” ujar Ade Aprilyanto salah seorang karyawan di Pelabuhan Pulau Baai.




Terbukti dari tahun 2012 hingga sekarang, alat muat TPK (Terminal Peti Kemas) telah bertambah, yaitu:
1.      1 unit GLC (Gantry Lufing Crane)
2.      2 unit RS (Reach Stacker)
3.      4 unit Head Truck
4.      1 unit Fork Lift FD 100
5.      4 unit Fork Lift FD 30

Dari jumlah alat bongkar muat Peti Kemas diatas, membuktikan bahwa pelabuhan Pulai Baai tidak main-main untuk mengembangkan dan meningkatkan pelayanan jasa di bidang bongkar muat container. Hal tersebut berdampak juga bagi masyarakat Bengkulu, karena biaya pengiriman melalui kontainer ini tergolong murah.
“Hal tersebut sangat baik, karena bisa meningkatkan taraf kehidupan dan perekonomian di Kota Bengkulu dan sekitarnya” komentar Ade mengenai perkembangan TPK di Pelabuhan Pulau Baai.
“Jika melihat digram perkembangan dari tahun ke tahun yang semakin meningkat, saya yakin untuk kedepannya Pelabuhan Pulau Baai akan semakin baik. Ditambah lagi dengan para pekerja dan karyawan pelabuhan yang semakin profesional” ujarnya melanjutkan pendapat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

December Christmas

December Christmas, merupakan kalimat simbolis yang sering digunakan untuk menggambarkan bulan Desember. Mengapa disebut December Ch...